Cara edit PAS FOTO dengan Adobe Photoshop

Pada saat ini pas  foto masih  digunakan untuk berbagai keperluan seperti membuat lamaran kerja, ijazah, daftar sekolah/kuliah dan hal – hal lainnya. Sering kali kita membutuhkan pas foto terbaru secara cepat dikarenakan suatu hal yang mendesak dan terkendala mecari orang yang bisa ngedit pas foto ditambah dengan jasa editnya yang juga bisa mengeluarkan biaya. Pada artikel ini kita akan belajar secara mandiri membuat pas foto dengan Adobe Photoshop.

Sebelum membuat pas foto, pertama kita harus mengetahui tentang ukuran pas foto. secara umum pas foto berukuran 2×3, 3×4 dan 4×6 dengan satuan centimeter (CM). Background atau latar yang digunakan biasanya adalah warna merah dan biru. Warna merah berarti pasfoto untuk orang yang tahun kelahirannya ganjil, sedangkan warna biru untuk orang yang tahun kelahirannya genap. Berikut cara untuk membuat pas foto menggunakan Adobe Photoshop.

  1. Siapkan Foto Anda

Hal yang paling utama dalam membuat pas foto adalah foto. Usahakan  foto yang anda ambil memiliki pencahayaan yang baik dan resolusi yang tinggi. Dan foto yang diambil harus di ambil lurus dari depan wajah atau badan.

  1. Buka Aplikasi Adobe Photoshop

Selanjutnya buka aplikasi Adobe Photoshop di computer anda, pada kali ini saya menggunakan Adobe Photoshop CC 2015, pada umumnya Adobe Photoshop tidak jauh cara penggunaannya.

 

  1. Buat Layer ukuran Pas Foto

Untuk membuat layer klik menu File > New pada dokumen type pilih Default Photoshop Size buat width 4 dan weight 6 resolusinya buat 600, pada kali ini kita akan membuat pas foto 4×6

  1. Masukkan Foto di Adobe Photoshop

Klik menu File > Open lalu carikan foto anda klik foto > Open lalu drag foto ke layer 4×6 yang kita buat tadi lalu disesuaikan fotonya penuhkan layer tersebut.

  1. Cropping Foto

Kemudian lakukan croping untuk memisahkan latar dengan objek. Croping  dapat dilakukan dengan berbagai cara. Dapat menggunakan pen, magic wand tool, atau dengan lasso tool. Cara termudah adalah menggunakan Polyganol Tool.

  • Klik kanan pada gambar laso “seperti tali yang melingkar” kemudian pilih polygonal lasso tool.
  • Lakukan marking dengan cara klik lalu tarik pada objek dengan teliti pada bagian beground yang akan kita buang. arik Lasso hingga ke titik awal dimulanya marking.
  • Kemudian Klik kanan pada objek, lalu pilih layer via copy.
  • Hilangkan foto ayau layer pertama tadi dengan klik icon mata pada layer

  1. Buat Beground
  • klik tool set ferground color lalu klik lalu pilih warna merah atau biru  lalu klik Ok, kali ini saya gunakan warna biru
  • Klik layer beground
  • Klik Tool Pain Bucket Tool > lalu klik di warna putih di belakang Foto anda

 

  1. Simpan Foto

Klik menu File > Save As, untuk save as type pilih JPG lalu klik save

 

Cari lokasi penyimpanan foto anda dan pas foto anda siap di cetak

 

Terimakasih

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *